Sunday, March 25, 2007

Da’i-Da’i Ceria

Da’i-Da’i Ceria

By Mr.Anas Ayahara http://bbib.blogspot.com

“Tak mengherankan manakala para Da’i ceria pun rela hati bertingkah penuh aksi yang kadang tak elok dipandang, manakala dan jika memang dikhidmatkan untuk memenuhi selera konsumen” (Haedar Nashir Penulis Kolom refleksi Republika 25 Maret 2007)

Kolom republika tersebut berjudul “Realitas Buatan” yang memotret kenyataan adanya tuhan baru yang bernama layar kaca (TV), TV mampu membuat orang tiba-tiba terkenal lalu jatuh terhuyung-huyung.

Bila Kita mau tiba-tiba terkenal maka kita harus rela menyenangkan konsumen, rela menyenangkan semua orang walaupun harus mengorbankan kepantasan dan kebenaran. Kalau tidak, maka kita akan jatuh terhuyung-huyung dicampakkan media TV. Karena kita dianggap tidak memenuhi selera konsumen.

Potret 1: Da’i yang sudah dicampakkan TV: ialah Da’i yang dianggap tidak lagi memenuhi selera konsumen karena berpoligami. Jikalau Poligami adalah hal yang dianggap biasa. Maka Da’i itu tidak akan dicampakan TV.

Potret 2: Da’i-Da’i yang sedang memenuhi selera konsumen, maka TV dengan senang hati meng-ekspose mereka. Mereka adalah Da’i-Da’i muda Ceria sedang bermain sepakbola lalu diwawancara sambil bercanda dengan dalih Da’i juga manusia. Maka dari itu Mereka kebanyakan berbicara diplomatis dan Lucu demi menyenangkan selera konsumen dan semua orang.

Karena kebanyakan penonton/konsumen lebih berselera pada yg lucu-lucu dan hiburan saja. Padahal banyak bercanda dan tertawa di tengah situasi negara penuh bencana sangat tidak pantas terutama di depan kamera TV.

Potret 3: Konsumen TV sangat menyukai hal-hal aneh untuk ditonton, maka tokoh-tokoh yang hidup Kumpul Kebo & Selingkuh malah di-ekspose besar besaran dan makin terkenal. TV makin sering memakai mereka dalam acara-acara TV dan Iklan.

Sadar atau tidak sebagian dari kita sudah “menyembah” dan ”patuh” pada tuhan –tuhan baru yaitu TV dan selera konsumen.

Astaghfirullah…Naudzubillahi mindzalik… Wallahu alam

No comments: