Tuesday, June 5, 2007

Khotbah atau Obat Tidur?


Tidak pernah Belajar Menulis, tapi berkhutbah sok puitis, ngabisin waktu akibat kalimat diulang2 tanpa alur yang jelas. Ngalor ngidul kurang berisi.bikin ngantuk

Para khotib jarang yang mengikuti basic training menulis, akibatnya malah membuat ngantuk para pendengar.

Para Pendengar Khutbah Jumat yang paling sering dilanda kantuk, didukung khotib yang membosankan, dan Pengaruh pikiran jam makan siang. Selama aku sholat jumat di beberapa masjid di depok, jarang sekali aku mendengar khotib yang bagus isi khutbhnya.

Waktu khutbah jumat yang pendek sekitar 20 menit memerlukan keahlian dalam merangkai kata yang singkat dan padat, mudah dipahami.

Semoga khutbah jumat bukan Cuma sekedar mengisi waktu 20menit yang diberikan pengurus masjid. Semoga khutbah Jumat membawa manfaat, setiap pekan mencharge iman para jamaah jumat.

Contoh Khutbah ngalor ngidul.

Pertama khotib bicara soal ibadah haji, lalu bicara harta, lalu ngalor ke masalah nikah, lalu ngidul ke masalah poligami, merembet ke soal ghibah nasional di TV, terus bicara soal bahaya TV. Akhirnya isi khutbah jadi tidak jelas topiknya, mau bicara haji kenapa malah bicara soal bahaya TV.

Contoh Khutbah Ngantuk di Radio

Pembicara membahas topik “A” . lalu menjelaskan pendapat ulama tentang “A”. terus bicara mutar mutar tentang larangan berbuat “A”. Tanpa menjelaskan kenapa kita tak boleh berbuat “A”

Tanpa memberi contoh peristiwa di masa lalu akibat berbuat “A”, tanpa memberi contoh peristiwa yang terjadi juga dimasa sekarang akibat berbuat “A”.

Khutbah demikian muter-muter kosong tanpa isi…

Akhirnya radio itu kumatikan

Bila Pengkhutbah memberi contoh2, apalagi contoh dalam bentuk cerita yang bersumber dari hadits dan peristiwa masa lalu.

Dan contoh nyata peristiwa cerita di masa sekarang dengan kaidah who, what, where, when, how dan why. Maka saya yakin khutbah tersebut lebih menarik dan akan saya dengar sampai habis, kalau tidak, terpaksa radio tersebut saya bunuh untuk sementara .

Kuharap tiada lagi khutbah yang isinya kosong mutar2, sehingga bikin ngantuk,

Smoga Tiada lagi khutbah yang lebih mujarab dari obat tidur.

Khutbah harus Tegas menyampaikan ayat. Jangan sekali memakai humor atau lelucon.

Semoga para khotib bisa mencontoh:

Nabi Kita bila sedang berkhutbah dengan suara Tegas dan mata memerah. Sehingga para pendengar mendapat nasehat yang manfaat dan tidak mengantuk,

1 comment:

faisol said...

terima kasih sharing info/ilmunya...
saya membuat tulisan tentang "Bagaimana Menjadi Khatib Efektif?"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/bagaimana-menjadi-khatib-efektif-1-of-2.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/