Monday, September 24, 2007

Hikmah Mengenal Pembantu Nabi

Sehebat apapun seseorang pasti memerlukan orang lain yang Ahli dan amanah. Orang Besar sangat perlu asisten, karena orang besar harus konsentrasi & sibuk bertanggung jawab besar mengurusi ummat, utk memaksimalkan tugas, orang besar harus dibantu dalam urusan yang kecil tapi penting,

Siapapun harus memperlakukan Pembantu secara baik dan adil, sebaliknya pembantu harus ahli, jujur dan amanah.

Dalam catatan sejarah, penulis belum menemukan bahwa Nabi pernah punya asisten/pembantu perempuan.

Berikut ini Asisten/Pembantu/Khadimat nabi ada 9 0rang
1.Anas Bin Malik, RA
Ibunya bernama ummu Sulaim. Anas membantu Rosulullah sejak umur 10 th.atas izin ibunya. Ibunya anas pernah berkata kepada Rosul "ini Anas, yang akan membantu baginda" Rosul pernah mendoakan Anas bin Malik RA "Ya Allah, Perbanyaklah harta dan anaknya dan masukanlah ia ke dalam surga", ternyata benar, anaknya anas tidak tanggung2 125 orang. Anas bin MAlik meninggal di Bashrah Tahun 70 Hijriah. paling terkenal dan terlama membantu nabi.

2.Hindun Bin Haritsah Al Islami
3.Asma bin Haritsah Al Islami
4.Rabiah bin Ka'ab Al Islami
5.Abdullah bin Mas'ud Khusus mengurusi sendal, bantal dan siwak Nabi. Nabi pernah berkata kepadanya "sesungguhnya kamu adalah anak yag cerdas", "barang siapa ingin belajar membaca AlQuran seperti ketika turun, maka hendaknya ial membacanya seperti bacaan Ibnu Mas'ud. dia ikut bejihad di perang badar dan membunuh musuh islam bernama Abu Jahal.

6.Uqbah Bin Amir Al-juhani

7.Bilal bin Rabah Beliau membantu dalam bidang Adzan
8.Abu Dzar Al Ghifari
9.Al Asla' bin Syarik bin auf Al A'raji

No comments: