Wednesday, December 12, 2007

3 Resep Agar Tulisan Kita Banyak Dibaca Orang

Setelah kupikir-pikir kenapa Novel Ayat Ayat Cinta kang Abik Laku Keras?, Kenapa Buku La Tahzan Dr Aidh Al Qarni Laku Keras?, Kenapa Buku Aa Gym Laku keras dan ceramahnya didengar semua tingkat pendidikan?.

inilah 3 resep sederhana dari pikiran Mr Anas Ayahara

1. Menggunakan Bahasa Sederhana: MenJauhi kata-kata sok pintar dan sok Asing (yang hanya dipahami profesor saja, mahasiswa saja, atau Pejabat saja)

2. Menggunakan Resep tulis saja-- baca n edit alur paragrap --- finishing

3. Cobalah

Sekedar pengamatan:

Novel Ayat2 Cinta bisa laku keras:

1.Judulnya menjual kata Cinta, (kata yg laku di semua kalangan: dari remaja yg lagi jatuh cinta, emak2, bapak2, bahkan sampai kakek2-nenek yang masih ada "setrum" cinta nya)

2. Novel biasanya bergaya sastra, yang malah sulit dipahami pembaca awam, maksud hati pembaca ingin tahu jalan cerita, eh pembaca malah disuruh mikirin kalimat puitis. Akibatnya waktu pembaca pertama2 baca novel, baru baca satu-dua paragrap, novel tersebut biasanya dilempar ke rak lagi". Novel seperti itu dijamin nggak laku keras.

Lain dengan novel nya kang Abik, ketika aku disuruh/dipaksa keponakanku untuk membacanya, tadi nya malas karena citra negatif novel itu sulit dipahami, terlalu puitis, kecuali bagi yang hobby. Setelah kucoba membacanya ternyata mudah dipahami dan ceritanya berisi.

Buku Dr Aidh Al Qarni Laku Keras:

Kuncinya juga di bahasa yang sederhana dan mendapat gelar Dai Semilyar Ummat (karena bukunya laris di dunia / Best Seller InterNational

Buku Non Fiksi Aa Gym Laku Keras:

Kuncinya juga di masalah bahasa yang sederhana , menjauhi kata-kata asing yg sulit dipahami orang yang tidak sekolah atau awam

Ditulis. Mr.Anas Ayahara setelah bertafakur sejenak, Ba'da Zhuhur

No comments: