Thursday, November 13, 2008

Andai saya walikota "blame it on the rain"

Indonesia adalah negara hutan hujan tropik (tropikal rainforest). Hampir di semua kota di indonesia akan mengalami curah hujan yang tinggi. Sehingga akan banyak permasalahan rutin yang SEHARUSNYA sudah diantisipasi sebelumya oleh para walikota.

Seandainya saya seorang walikota, maka saya akan mengutamakan pemecahan masalah curah hujan tinggi yang bisa mengganggu kepentingan umum seperti infrastruktur dan perekonomian setiap tahunya.

Infrastruktur Jalan
Manusia menjadi sangat mulia ketika bertindak menghilangkan duri/paku atau penghalang apapun yang ada di Jalan. manusia mulia yang mengutamakan kepentingan umum (jalan raya) dibanding kepentingan pribadinya. Saya tak mengizinkan pemblokiran jalan yang dilalui angkot hanya untuk kepentingan pribadi seperti pesta pernikahan.

Lobang Juga Penghalang
Curah hujan tinggi di Indonesia juga membuat Jalan jadi mudah berlubang. Seandainya saya menjadi walikota, maka saya tidak akan menyalahkan hujan seperti lagu "blame it on the rain" milli vanilli yang tertangkap basah melakukan lypsinc.

Andai saya walikota, di saat musim kemarau, saya berusaha mencegah banjir sebelum musim hujan tiba.

saya akan memerintahkan pimpinan dinas PU untuk membuat proyek pembuatan gorong gorong yang lebih besar di pinggir jalan menggantikan got kecil. Lalu menambal semua jalan aspal. Bila daerah tersebut tanahnya lebih rendah maka jalan aspal harus diganti beton.

saya sebagai walikota yang baik tidak mau melihat ada jalan yang berlubang sampai ke jalan di pelosok kota yang dilalui semua rute angkot. Karena Lubang adalah penghalang yang, membahayakan pengendara, rawan kecelakaan luka atau mati, membuat jalan macet, menghabiskan/memboroskan BBM.

akibatnya, perekonomian terhambat hanya gara gara jalan berlubang dan banjir. Saya tak ingin meniru kekurangan walikota x, yang membiarkan atau setengah setengah dalam menangani masalah jalan. Malah sibuk menghias pemisah jalan hanya di sekitar kantor walikota saja.

andai saya walikota, saya akan memerintahkan penegakan hukum dengan adil

pembenahan sektor pendidikan

yang berorientasi pada ketrampilan dan wirausaha.

No comments: