Friday, January 4, 2008

Awas Tertipu Pedagang HP

Beli HP di ITC/Mall/Plaza memang kudu extra hati2, banyak tukang tipu nye, waktu itu gue beli CDMA,

Toko 1

si penjaga counter langsung sok ramah, pake nawarin akua gelas segala (gue nggak minum, feeling sdh nggak enak),

"ada HP CDMA merek Nokia XXXX gak?,

"oh ada, ini dia contohnya"

Setelah deal tawar menawar, dia ngambil barang di tempat lain, katanya stock disini lagi habis. Pas barang datang, saya periksa


"Kok kardusnya begini bukan merek nokia"


"iya kalau CDMA seri xxxx emang lardusnya begini"

Hatiku mulai curiga

"ya kalau gitu, nanti dulu deh, saya lihat2 tempat lain dulu, nanti kalau cocok saya balik"


Si cewek penjaga konter, mencoba menahan nahan dengan rayuan

"dapat gratis kartu SIMcardnya sekalian deh"

Langsung ku jalan, browsing toko2 lain

Akhirnya berenti di Toko X

"ada Nokia xxxx CDMA ?

"ada nih"

Tawar menawar Alot sampai deal beda harga 100ribuan , hati sudah agak senang, karena bisa beli sedikit murah drpd harga pasar.

Tapi…

Si cewek penjaga konter Mau nipu juga, (mungkin sdh ditarinig bosnya).

"Sekalian mas pakai kartu ESIA nya"

"Berape?"

"45 ribu"

"oke deh"

"et ntar dulu bang, beli di tempat lain saja" (bini gue interupsi)

"Emang nape?"

"perdana esia nggak semahal" (sambil agak berbisik)

"oh iye … kenapa gue lupa"

"nggak jadi mbak esia nya, HP nya aja bungkus"

End of story

Emang dasar… Pasar itu emang Gudangnya Setan yang suka bisikin Pedagang Pada mau Nipu.

Toko1

1. Pura2 barangnya ngambil di tempat lain,

2. pembeli disuguhi minum akua,

3. ambil barang & tawar menawar dibikin lama,

4. lalu melakukan DEAl sebelum barang aslinya datang

5. sehingga pembeli akan terpaksa beli barang HP abal abal

toko x

  • Gagal mark up harga HP, tapi
  • dia memanfaatkan ke-alpa-an pembeli pada harga perdana SIMcard

hikmah sebelum belanja masuk ITC/Mall/Square/Pasar

  1. sebaiknya kudu baca doa masuk pasar
  2. sebaiknya bawa teman
  3. jangan minum akua yang ditawarkan
  4. jangan mau tawar menawar terlalu lama & ngambil di tempat lain terlalu lama
  5. jangan deal tawar menawar kalau belum lihat barang yg asli, bukan Cuma contoh

No comments: