Wednesday, April 30, 2008

Adegan Aneh Poligami Film AAC

Aneh Tapi Nyata, Kenapa Ada Adegan Bodohnya Fahri Yang Alim tapi berbuat tidak adil?.

Seperti kita ketahui beberapa minggu yang lalu begitu ramainya orang-orang membicarakan film ayat-ayat cinta, yang katanya film Islami, ternyata banyak adegan yang kurang realistis dan tidak Islami terutama adegan Poligami di akhir cerita Film.
 
Dalam AAC memang Banyak Adegan-adegan yang Islami, seperti proses Taaruf, Melamar, Akad Nikah, tapi Ada Juga yang tidak Islami dan dibuat-dibuat, hal tersebut Bisa Jadi karena perbedaan Visi antara Penulis dan Sutradara.
 
Ada Adegan Poligami Film AAC yang ditambahkan yaitu adegan Fahri tinggal bersama dua Istrinya dalam satu Rumah/satu Atap. Sehingga timbul adegan Aisha cemburu pada Maria karena kepergok bermesraan dengan suami mereka.
 
Menurut Buku-buku Poligami, Seorang Laki-laki yang berani mengambil keputusan Taaddud (poligami), maka Dia harus adil dalam memberikan Tempat Tinggal. Dan harus tinggal di dua atap/rumah yang berbeda. 
 
Tak masalah apakah tinggal di rumah Kontrakan atau Rumah milik suami. Yang penting suami bisa adil, terutama adil dalam menjaga Perasaan Cemburu, yang lebih besar resikonya terjadi kepergok bemesraan, bila dua cinta tinggal di satu atap. 
 
Letak Tidak Relaistis/Dibuat-Buatnya Adegan Poligami Fahri ialah:
 
Fahri yang dikondisikan sebagai Pria/Ikhwan (banyak penonton berkomentar Ikhwan yg terlalu sempurna) yang Alim, Mahasiswa Agama Islam Univ Al Azhar Kairo, Yang Juga Berguru pada Syeh. 
 
Fahri Tidak Mungkin Tidak Tahu Ilmu Poligami yang ada di Buku Tipis Di Indonesia yang terjemahan dari bahasa Arab. Sedangkan Di Mesir Buku Buku Islam berbahasa arab Lebih Banyak.
 
Aneh Tapi Nyata, Kenapa Ada Adegan Bodohnya Fahri Yang Alim tapi berbuat tidak adil?.
 
Kalau mau jadi dalang/sutradara film berlatar Islam, seharusnya pelajari dulu Ilmunya, baru kemudian membuat adegan yang kreatif tapi tetap realistis.
 
 
Daftar Pustaka
DR. Mazin S M, Beristri 2 ,3 atau 4, CP Publishing (buku Terjemahan dari bahasa Arab)

No comments: