Tuesday, April 8, 2008

Yang Bisa Kita Lakukan Melawan Fitnah Wilder

dari eramuslim.com.Sebenarnya ada banyak yang bisa kita lakukan, tapi lebih produktif dan juga lebih profesional. Misalnya, kenapa kita tidak membuat film 'tandingan' atau film 'jawaban' dari film Fitna itu?

Bukankah film itu bisa dibuat dengan nilai yang murah saja? Sebab stockshotnya memang bisa didapat dari mana-mana, bahkan karikatur nabi Muhammad SAW itu hasil bajakan dari media Denmark. Kono pelukis kartun itu malah menuntut si Wilder yang telah 'membajak' karyanya begitu saja.

Kenapa umat Islam tidak kreatif untuk membuat film yang 'menjawab' tuduhan keji si Wilder? Bukankah bahan-bahannya juga ada di internet? Bukankah software editing film juga ada di pasaran?

Kenapa sampai hari ini kita hanya bisa mengecam dan mengecam saja. Kenapa tidak muncul film-film tandingan dari tangan-tangan kreatif pemuda muslim? Mengapa tidak kita dapati di Youtube film jawaban itu?

Misalnya, kita kan bisa buat film dokumenter tandingan yang menggambarkan betapa Islam telah berhasil memajukan bangsa-bangsa. Atau bahwa Islam itu menjadi rahmatan lil 'alamin. Atau film yang menunjukkan bahwa seharusnya Eropa berterima kasih kepada Islam, karena lewat peradaban Islam lah Eropa bisa menemukan kejayaannya kembali.

Atau kenapa teman-teman muslim kita di Eropa tidak membuat video, walapun video amatir, yang menggambarkan betapa para muallaf Eropa itu masuk Islam secara sukarela dan sangat kooperatif dengan kebebasan, keadilan, kesetiakawanan, kebersamaan dan seterusnya?

Dalam pandangan kami, seharusnya kita pun kreatif. Kalau si Wilder itu 'menyerang' kita lewat pembentukan opini, maka seharusnya kita pun juga membalasnya dengan pembentukan atau pelurusan opini. Kalau Wilder bisa bikin film murah dengan durasi 11 menit, seharusnya umat Islam sedunia ini bisa bikin 100 biji film yang sama, tapi isinya justru meluruskan opini yang membela Islam.

Toh harganya murah saja. Dan mengedarkannya juga mudah, yaitu lewat internet.

Tapi ya itu tadi, kok kita belum melihat apa yang seharusnya dilakukan oleh 1, 5 milyar muslim di dunia ini? Kok belum ada yang memposting film 'jawaban' atas filmnya di WIlder itu ya?

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

No comments: